F.A.Q

Beberapa pertanyaan, kadang berulang2, oleh karena itu, saya coba tampilkan salah satu contoh tanya jawab yang saya ambil dari blog guru saya di https://burungkenari.wordpress.com/artikel-favorit/faq/

T : Kenariku sepasang dah suap2an tp kok ga kawin2 yah?? apakah itu pertanda jodoh??..
J : penyebabnya banyak bisa posisi sarang tidak sesuai dengan keinginan kenari atau mungkin isi sarang kurang nyaman jadi dia acak-acak….. coba perhatikan kalau ditempat pakan banyak isi sarang berarti posisi sarang kurang disenengin, kalau hanya diacak-acak saja berarti menurut induk kenari isi sarangnya tidak sesuai keingin dia, coba kedalam sangkar kasih sobekan koran atau kapas biasanya kenari akan ngangkutin dan nyusun-nya sesusai inginan dia… itu yang saya ketahui mungkin ada masukan dari yang lainnya.

T : Mau tanya om… yg bagus sarang dr bahan apa?? saya pake batok kelapa diatasnya saya kasih daun cemara…
J : sebetulnya buat sarang bisa menggunakan sarana yang ada di sekitar kita ada yg bikin dari kayu, paralon ukuran 4″ dipotong setinggi 4 cm atau pakai mangkok juga gpp…. kalau saya biasa pake sarang beli dari pasar burung dan isinya serat nanas sebetulnya sich hanya untuk praktis aja tinggal beli di pasar burung he..he…, untuk isi sarang juga bisa apa aja yng penting lembut atau nyaman buat burung …. ada pengalaman temen tempat sarangnya menggunakan batok kelapa sarangnya menjadi lembab karena kurang sirkulasi udara, dan jangan lupa untuk isi sarang harap dipotong pendek-pendek ukuran 5 cm atau 10 cm takutnya kalau isi sarang panjang2 induk atau anak kenari terlilit isi sarang.

T : Saya mau tanya , saya punya betina F1 bolder umur sdh diatas 1tahun tapi sampai sekarang belum mau bertelur jg, padahal sdh saya kasih Vitalur, pernah saya coba kasih super breeding tapi kok gak birahi2 knp ya pak? dan bagaimana solusinya?
J : kematangan kelamin setiap jenis burung atau individu berbeda-beda, ada yang cepat matang atau ada yang lamban, kenari impor rata-rata lamban dewasa tapi kalau usia 1 tahun sich saya rasa dah dewasa sudah siap ternak…. untuk meningkatkan birahi ada beberapa trik coba jemur setiap pagi, dekatkan dengan kenari jantan yang gacor atau makanannya diberi yang bergizi tinggi saya biasanya sich memberi telor puyuh rebus setengah butir setiap hari, demikian sharing dari saya semoga membantu Pak …..

T : kalau kenarinya sudah bertelur dan mulai mengeram, apakah kenari jantannya dipisah atau tetap bersama dalam satu kandang
J : Terserah Bapak mau di pisah atau disatukan, keuntungan dipisah jantannya bisa dirawat & dijemur dengan bebas tanpa mengganggu betina yang sedang ngeram….. atau kalau ada kasus-kasus tertentu dimana jantannya suka ngeganggu betina pada saat mengeram harus di pisah…
demikian Pak semoga bisa membantu

T : mau tanya nih biasanya om klo sedang perjodohan burung kenari butuh berapa lama ommm……
J : penjodohan kenari tergantung kesiapan kedua-duanya… kalau jantan dan betinanya siap 7 hari saja sudah bertelor tetapi kalau salah satunya kurang siap proses penjodohan menjadi lama…. demikian semoga membantu …

T : mau tanya lagi ni ommm sofyan klo kenari sedang masa perjodohan bagusnya di jemur gak yahhh? tapi klo di jemur stress gak ommmm
J : kenari yang sedang dijodohkan tidak apa-apa dijemur hanya jangan terlalu sering karena kalau berdasarkan pengalaman saya pada saat dijemur kenari jantan suka ngacak-ngacak isi sarang …. kalau sudah bertelor jangan dijemur om takutnya mengganggu proses peneloran….untuk membantu supaya kondisinya tetap bagus bisa dibantu dengan memberi probiotik dan multivitamin…

T : oia ommm saya tidak tau kenari saya itu berjenis apa warnanya bon kuning? mang apa bedanya ommm kenari lokal, ys,F1,dll…… ? satu lagi ommmm saya punya 1 lagi kenari jantan….. umur nya sih blom tau (karna dikasih temen) tapi keliatannya dah dewasa (dilihat dari kaki cekernya + kukunya panjang) tapi kok gak kayak kenari yang saya, yang ini gak bunyi ommm barang se “suitt” juga ommm kenapa yah ? mang ada kenari bisu omm?
J : Wah kalau konsultasi kaya begini harus bayar masalahnya ini bisa menghasilkan uang hehe…. (maaf becanda om)…. om aja tidak tahu gimana saya yang belum pernah lihat kenarinya hehe….. canda lagi om …. untuk bedain lokal dan YS gampang om…. kenari lokal yang banyak dijual dipasaran, Yorkshire badannya paling besar diantara semua kenari hampir sebesar burung kutilang badannya seperti wortel terbaik…. F1YS body mirip YS hanya agak kecilan (kalau F1YS agak susah jelasinnya karena banyak variannya) F1YS harus praktek sendiri ….wah kalau kenari dewasa sich udah pasti bunyi om kalau tidak bunyi statusnya patut dipertanyakan… jangan-jangan she male hehe… kenari bisu ada… saya pernah lihat dirumah temen.

T : gmn cara merawat kenari wkt musim hujan kok sulit/rewel cara dan obat apa aj yg d butuhkan?
J : om Wahyu menurut saya sich semua binatang pada saat musim panca roba akan mengalami penurunan kondisi untuk menjaga agar kondisinya tetap stabil faktor kebersihan kandang harus di perhatikan terutama tangkringannya harus di bersihkan minimal 1 minggu sekali dicuci, gizi makanan ditingkatkan, pemberian multivitamin harus ditingkat biasanya 1 minggu sekali menjadi 2 x seminggu dan kalau ada sinar matahari usahakan di jemur tetapi jangan sampai kehujanan demikian om semoga membantu. upss lupa kalau malam jangan lupa di kerodong biar kenarinya merasa nyaman….

T : biasanya kenari kalau ngeram berapa lama om..??? samakah antara kenari bond dengan kenari kuning masa ngeramnya..??
J : kenari mengeram selama kurang lebih 14 hari, waktu mengeram kenari bon dan kuning polos beda om… kenari bon lebih lama waktu ngeramnya karena kenari mikiran nempatin bon-nya dimana aja hehe… maaf becanda om … prinsifnya sama aja waktunya kurang lbh 14 hari ngga ada bedanya. Demikian salam

T : burung kenari saya sekarang lagi ngeram kira2 sudah 12 hari, tetapi sudah sering keluar sarang, pagi siang dan sore hari, jantannya sering di kejar-kejar..
walaupun sering dikejar yang jantan kadang2 tetap ngeloloh si betina pada saat gak keluar sarang. apakah bertanda telor burung saya sudah netas..???
apakah jantannya harus dipisahkan..???

J : Om Made…. berarti induk betinanya bagus, masih mau ngambil makanan sendiri tidak harus menunggu di loloh jantannya…. untuk mengetahui sudah menetas ato belum bisa dilihat di bawah/alas sangkar kalau ada cangkang telor biasanya sudah menetas ato kalau pagi-pagi terdenger suara halus ciap-ciap anak kenari, kalau jantannya terserah om mau di pisah atau ngga itu tergantung tujuan om… kalau ingin di poligami silahkan diangkat kalau ingin di jodohkan terus menerus yach silahkan… terimakasih

T : kenari anakan saya udah umur 21 hari… tapi indukannya sering cabutin bulu anakannya.. emang gpp t om???
J : om Roy …coba perhatikan faktor makanannya jangan-jangan makanannya terlalu bagus sehingga mengakibatkan induknya cepet birahi…. sambil meneliti makanan penyebab birahi… untuk sementara masukin kapas atau sobekan kertas ke dalam sangkar ternak mudah-mudahan bisa membantu…

T : Kenapa pasangan Kenari saya yang sedang dijodohkan sepakat untuk mengobrak abrik sarangnya, bahkan sampai kosong tinggal tempatnya aja. Apa yang harus saya lakukan dengan sarangnya itu, kandang juga jadi berantakan karena serakan bahan sarang.
J : Om Surya, penyebab kenari ngacak-ngacak isi sarang ada beberapa faktor diantaranya kemungkinannya indukan belum siap ternak, indukan tidak senang dengan isi sarang yang kita berikan, indukan ingin menyusun isi sarang sendiri …. penanggulangannya biarkan saja om dia ngacak-ngacak sarang, masukan sobekan kertas bisa kertas koran, tisue atau kapas kedalam sangkar ternak… demikian semoga membantu…


2 thoughts on “F.A.Q

    Hendrawan Batubara said:
    Juni 30, 2015 pukul 4:34 pm

    Bagaimana mengatasi kenari macet

      Uphay d52 responded:
      Juli 9, 2015 pukul 9:22 am

      macetnya kenapa om..? maaf baru OL.. kalau yg sering sih tetes “metabolisme” ke sayurannya 1-3 hari.. lihat hasilnya,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s