MELAWAN KUTU

Posted on

Capture

Sebuah pesan singkat BBM masuk di malam hari yang isinya :

Penanya              : “Om, burung saya abis mandi kutu, sekarang diem ajah kayak stress”

Saya                       : “memangnya kutuan ? dimandiin jam berapa ?

Penanya              : “nggak sih.. Cuma pencegahan saja, jam 15:00 tadi saya semprot basah kuyub”

Saya                       : “Hadooowwhh… trus kondisinya gimana sekarang ?”

Penanya              : “Diam saja nih, ga mau makan, ngerentek… hiks”

Setelah 2 hari berlalu, dapat kabar bahwa kenarinya tersebut telah terbang selama-lamanya dan langsung dirawat oleh Allah SWT (Innalillahi Wa Innaillaihi rojiun).

Memandikan kenari kesayangan kita dengan obat / shampoo anti kutu sangat lah baik, dan sebisa mungkin rutin dilakukan minimal 1x seminggu agar momongan kita terhindar dari parasit tersebut. Bagaimanakah perawatan / treatment yang baik dalam pelaksanaannya ?.. kalau resep saya seperti ini

  • Di sore hari (misalkan sabtu sore), kenari ditetes obat anti parasit seperti merk “NOKUTU”yang banyak dijual di pasaran. Tetes di tengkuk (antara batas ujung leher dengan pundak) sebanyak 1 tetes atau disesuaikan ukuran tubuh. Obat ini akan bekerja dengan cara meresap melalui pori2 dan masuk kedalam darah. Saat kutu menghisap darah, maka obat ini akan terhisap oleh mereka dan akan mengakibatkan kelumpuhan syaraf. Apa keuntungannya..? saat keesokan harinya kenari dimandikan / mandi sendiri, kutu2 tersebut sudah jatuh lemas tak berdaya untuk kabur / berpindah tempat. Ada beberapa kasus, kutu yang lari dari obat / shampoo anti kutu malah masuk kedalam kulit sehingga menyebabkan sakit yang teramat sangat dan menyebabkan “stress” bagi kenari.
  • Keesokan harinya (misalkan Minggu pagi), sekitar jam 07:00 kenari tersebut diangin2kan terlebih dulu sebelum dimandikan anti kutu. Setelah matahari bersinar (pastikan tidak mendung), maka siapkan tempat mandian yang telah dicampur obat anti kutu seperti “kututoxs” atau shampoo dengan banyak merk yang dijual dipasaran. Kalau saya lebih suka membiarkan momongan saya mandi sendiri, namun jika tidak mau mandi yah silahkan dimandikan menggunakan sprayer sampai basah kuyub. Di beberapa case dimana kutunya sudah sangat banyak, bahkan saya rendam seluruh badan kenari di larutan obat kutu tersebut, untuk memastikan bahwa semua area terbasahi oleh obat tersebut. Untuk kepala saya usap halus jangan sampai kena mata atau paruh. Setelah selesai, biarkan momongan kita jemur di hangatnya matahari pagi sampai benar2 kering bulunya. Bila sudah kering, kembali diangin-anginkan ditempat teduh sebelum dimasukkan kedalam rumah.
  • Untuk pencegahan, saya rutin memberikan obat anti parasite merk “Scatt” 6 bulan sekali dengan cara tetes di kulit paha. Obat ini ampuh mencegah berbagai parasite terkait kutu / tungau baik yang diluar tubuh maupun yang didalam seperti kutu kantung udara.

untitledSekedar tambahan, jangan panik saat kita menghadapi kutu, beberapa penyebab kematian pada kenari yang kutuan malah treatment / rawatan si pemiliknya yang panik dan maunya ingin cepat tuntas. nah.. kalau ternakan sudah terserang hama kutu bagaimana penanganannya…? tunggu ulasan saya berikutnya yah… semoga bermanfaat.

8 thoughts on “MELAWAN KUTU

    Greys said:
    Juli 31, 2015 pukul 9:57 am

    MANTAPPP!!!! lanjutkan!

      Uphay d52 responded:
      Juli 31, 2015 pukul 11:06 am

      Siaaaappp komandan… Hehehhe

    Hendrawan Batubara said:
    Juli 31, 2015 pukul 1:06 pm

    Pencerahan yg Ok, gmana kalo rutin 1 minggu 1 x di mandikan dengan air rebusan daun sirih

      Uphay d52 responded:
      Juli 31, 2015 pukul 1:11 pm

      Bisa om… Itu cara yg paling alami memang… Heheeh… Makasih tambahan ilmunya….

    Heri Haryadi said:
    Agustus 1, 2015 pukul 8:13 pm

    Informasi yg sangat bermanfaat…

    Oya om, klo obat kutu/shampoo di taruh di cepuk mandi, trus kenarinya juga suka minum air di cepuk mandi itu bahaya gak ya om…
    Thanks b4…

      Uphay d52 responded:
      Agustus 1, 2015 pukul 8:30 pm

      Slama ini sih ga bermasalah ya om… Cari shampo yg ga berbaha om.. Baca aturan pakai….

    Sapi Lada Peteng said:
    Agustus 10, 2015 pukul 5:30 am

    om klo kenari abis di kasih obat kutu apakah tidak bermasalah di taruh di bawah sinar matahari pagi.. terutama jam9-10an..?

      Uphay d52 responded:
      Agustus 10, 2015 pukul 5:46 am

      Pemberian obat kutu (tetes) sebaiknya sore hari, paginya ga masalah mandi jemur. Kecuali kalau sakit pernafasan, baru jgn dijemur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s