KENARI KURUS / NYILET

Posted on Updated on

IMG-20120811-00120

Mungkin beberapa Kenari Mania sudah tidak asing dengan kata-kata “nyilet” saat kenari kita lesu, bulu mengembang, badannya kurus dan ringan, terkadang kesehariannya hanya diam atau tidur tidak selincah biasanya. Apa sebenarnya penyebab dan bagaimana pengobatannya ?, saya akan coba berbagi menurut pengamatan dan beberapa literature bacaan yang ada di Mbah Google.

Pada dasarnya, penyakit2 yang sering hinggap di burung kenari disebabkan oleh :

1. Bakteri
2. Parasit
3. Jamur
4. Protozoa
5. Virus

Nah… untuk Nyilet sendiri sebenarnya disebabkan oleh apa …?

Berdasarkan apa yang saya alami, Cuma 3 hal yang bisa membuat kenari kesayangan kita memiliki gejala nyilet tersebut, yaitu :

1. Bakteri,
Bakteri yang dapat menginfeksi burung sehubungan dengan lingkungan , makanan dan air ( makanan lama yang tersisa di kandang , daerah lembab , kandang basah dan lingkungan berdebu ). Beberapa nama bacteri yang sering menyerang unggas seperti Salmonella, E. Coli, Pseudomonas, Pasteurella, Streptococcus, dll. Biasanya, penanganannya menggunakan Antibiotik selama 3-5 hari

2. Parasit,
Banyak ditemukan, saat kenari kesayangan kita menjadi lesu, kurus, nafsu makan tinggi tapi gak gemuk2 dan akhirnya berujung dengan kematian. Setelah mati, kemudian baru diketahui ternyata banyak kutu yang beramai ramai keluar dari tubuh dinginnya untuk mencari tubuh inang yang baru. Penyebabnya sudah pasti kutu yang tiada henti2nya mengisap darah kenari kesayangan kita. Selain kutu, parasite lain yang bisa menyebabkan penyakit nyilet ini adalah cacing, tungau dll yang sifatnya mengisap darah atau sari2 makanan yang ada didalm tubuh Kenari. Penanganannya dengan memberikan obat2an jenis Anti parasite seperti Scatt atau nokutu yang kandungannya adalah ivermectin atau Ivomectin yang merupakan obat anti parasit. Selain itu juga mandi dengan shampoo anti kutu yang banyak dijual bebas,

3. Jamur
Sebenarnya masih rancu dibeberapa peneliti apkah penyebab nyilet yang paling sering menyebabkan kematian ini masuk ke kategori bacteria atau jamur, oleh karena itu diberi nama “Megabacteria” yang artinya bakteri yang paling besar ukurannya. Megabacteria adalah organisme berbentuk batang sekitar 20 kali lebih besar dari ukuran bakteri pada umumnya, yang hidup di saluran pencernaan, namun penelitian terakhir memasukkan megabacteria sebagai sejenis Ragi atau jamur. Beberapa gejala yang ditimbulkan di awal adalah :

  • Masalah pencernaan, kotoran basah atau tidak bagus seperti biasanya
  • Makan rajin, namun hanya suka jenis2 tertentu saja seperti hanya suka telur puyuh , atau hanya canary seednya saja yang dimakan dll.
  • Pada fase infeksi, biasanya bulu mulai mengembang, dan kotoran mulai berwarna hijau atau kuning, bahkan bisa berakibat berak darah.
  • Pada fase selanjutnya, hanya butuh beberapa hari kemudian bagian dada kenari akan terlihat khurus dan bila dirapa akan seperti silet karena saking kurusnya.

Pengobatannya, Vetafarm, sebuah perusahaan Australia yang berbasis di Wagga, menghasilkan Bubuk amfoterisin B yang larut dalam air yang disebut “Megabac S”. Yang menurut saya, sampai saat ini hanya Megabac_S yang mampu menangani penyakit nyilet ini, selama pengobatannya belum memasuki stadium tinggi / fase infeksi di jaringan ususnya. Namun, sangat sulit di Indonesia tuk mendapatkan obat ini, hanya beberapa kali importer memasukkan product ini dikarenakan memang harganya mahal sekitar 1,8 juta untu kemasan isi 25 gram. Pemberiannya pun harus selama 10 hari sesuai dossis yang dianjurkan tentunya.

Semoga Info yang saya berikan ini bisa bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan ini, kritik dan saran silahkan saja dilayangkan, mudah2an bisa menambah ilmu saya.. Salam…..

2 thoughts on “KENARI KURUS / NYILET

    Abdul Rachmat said:
    Agustus 15, 2015 pukul 2:02 pm

    Sangat betul itu infonya Om….unt kenari yg kurus/nyilet memang pruduk Fetafarm ini sangat tokcer. Selama ini memang msih banyak yg belum tau…info ini sangat ok menurut saya. Saya tahun 2014 msih dapet produk itu dari seorang teman di Bandung, tapi skarang blum masuk lagi.

      Uphay d52 responded:
      Agustus 15, 2015 pukul 2:25 pm

      Heheheh… Makasih om sudah mampir… Hanya berbagi… Dan smoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s