PAKAN RACIKAN

Posted on Updated on

Banyak yang bertanya mengenai pakan apa yang baik?, Diet apa yang tepat?, saat kita menjalankan peternakan. Yang pastinya, untuk tiap2 kebutuhannya berbeda2, seperti ada pakan untuk persiapan lomba, pakan untuk persiapan ternak, pakan untuk membesarkan anakan dll. Disini kami hanya akan coba sharing apa yang pernah kami jalankan untuk kebutuhan pakan tersebut. Bukan pula ini pakan yang paling tepat, tapi lumayan berhasil saat kami gunakan pakan tersebut di Farm kami.
Saat jumlah indukan hanya dikisaran 3 – 8 ekor, pakan yang bisa dipakai adalah pakan kemasan dengan merk Belgie XO. Dalam pakan ini sudah tersedia segala unsur biji2an bahkan minyak ikan yang sangat berguna unuk kesuburan / fertilitas telur. Bisa dibilang hampir semua telur terisi dan menetas. Disamping itu, pemberian sayur, telur dan vitamin larutan tetap diberikan sebagai penunjang keberhasilan dalam beternak.

Saat jumlah indukan / rawatan sudah lebih dari 8 ekor, alangkah baiknya kita mulai memikirkan untuk beralih ke pakan racikan. Selain lebih murah, kita juga bisa mulai belajar “Pakan Management”., dimana kami mencoba meracik sendiri beberapa biji2an dan bahan lain sesuai kebutuhan farm kami.

Untuk pakan racikan, kami menggunakan :

  1. Canary Seed                          1 Kg
  2. Jawawut                                 1 Kg    
  3. Milet putih                           0,5 Kg
  4. Lin Seed                               0,5 Kg
  5. Biji Sawi                                0,5 kg
  6. Biji Lobak                             0,5 Kg
  7. Niger Seed                          0,5 Kg
  8. Minyak Zaitun                   10  ml

Semua bahan biji2an di tampiah / dibuang debu dan kotorannya, (pernah nyoba dicuci, ternyata banyak yang jamuran kalau penjemurannya tidak tepat). Kemudian di campur dengan minyak Zaitun dan di jemur selama 2 hari. Alhasil, selama setahun ini, kami tidak pernah bermasalah dengan penyakit terkait pakan yang buruk seperti kegemukan / Lemak, kekurangan gizi, fertilitas atau cacat pada anakan. Walau memang ada beberapa indukan yang mati akibat penyakit Kurus yang disebabkan oleh jamur di pencernaan yang setahu saya sampai saat ini baru Megabac-S obatnya dan tidak ada di pasaran. Dan penyakit ini kami yakini bermula dari luar farm kami. Perlu diingat, pakan yang lengkap, belum tentu baik untuk KN kita, yang pasti, berikan pakan yang tepat dan akurat sesuai kebutuhan masing2 KN kita, dan selalu pastikan pakan dan peralatannya rutin diganti dan dibersihkan.  Sekali lagi, kami tidak bilang bahwa ini pakan yang terbaik, tapi ini yang kami gunakan saat ini, semoga bermanfaat.

4 thoughts on “PAKAN RACIKAN

    krisna krisdiyanto said:
    April 11, 2014 pukul 9:15 am

    beli bahannya dimana?

      Uphay d52 responded:
      April 11, 2014 pukul 9:25 am

      Dipasar burung besar om Seperti PRamuka…

    Dewa Waskita said:
    Mei 26, 2014 pukul 10:30 am

    mau tanya min,..
    cara menyemprotkan disinpektan gimana??
    tidak ada masalah jika terkena burung cairan disinfektaknya

      Uphay d52 responded:
      Mei 26, 2014 pukul 10:37 am

      Disemprotkan merata ke kandang dan sekitar lingkungan kandang, burung dan semua peralatan pakan dikeluarkan terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s