Ring – Identitas d52 Birdfarm

Posted on Updated on


Ring… sebuah identitas dan fungsi pencatatan atas anakan2 kenari yang kita hasilkan. Ring ini bisa membantu kita untuk mengidentifikasikan anakan yang dihasilkan dari indukan yang mana. Dan bila anakan yang dihasilkan adalah kualitas unggul, dalam artian memiliki postur yang besar, suara yang keras, lagu yang baik, serta tingkat kecerdasan yang baik, maka ring tersebut bisa mengingatkan kita jenis indukan seperti apa yang bisa menghasilkan anakan dengan kualita unggul tersebut.

Selain fungsi pencatatan, Ring juga sangat bermanfaat untuk nama baik bila kita berniat serius mengembangkan peternakan kita. Apalagi bila anakan2 dengan Ring peternakan kita tersebut di master dengan baik dan bisa berprestasi dilapangan, maka semua peminat kenari dilapangan akan mencari peternaknya melalui ring tersebut. Bisa dibilang bahwa ring adalah identitas peternakan sekaligus media promosi, sehingga daya jual dan harga anakan2 lainnya di peternakan bisa terangkat bila anakan kita dengan ring kita bisa tampil sebagai juara di berbagai kompetisi  / lomba.

Hari ini adalah hari pertama saya mengenakan ring pada 2 anakan kenari saya. Identitas ring yang dipakai adalah Ring warna ungu dengan kode D52 001 & 002. Artinya adalah anakan pertama dan ke dua dari D52 Birdfarm. Warna ungu saya pakai sebagai identitas Tahun 2011, sedangkan D52 sendiri adalah nama jalan yaitu tepatnya jalan Delima 2 dibilangan perumnas Klender yang merupakan cikal bakal peternakan ini.

Ternyata sulit juga yah memasang ring ini pada anakan2 yang berusia dibawah 10 hari. Ada yang dipasang ring, besokkannya pada lepas ringnya, entah karena kaki anakan yang masih kecil atau karena dilepas oleh indukannya. Tapi yang pasti, cara memasang ring itu ada 2 yang saya tahu, yang dimasukkan sekaligus artinya semua jari2nya disatukan dan ring bisa melewatinya, atau yang menggunakan metode ke dua dengan 3 jari depan dimasukkan terlebih dahulu, kemudian satu jari belakang diluruskan sejajar kakinya. Setelah ring melewati ke tiga jari depan, maka tinggal jari belakang di congkel / bantu di keluarkan dari ring menggunakan tusuk gigi. Kalau belum biasa, khawatir juga, karena bisa membuat anakn2 tersebut menjadi cacat, namun kita tak akan jadi mahir kalau tak berani mencoba, dan semoga pemasangan perdana ini tidak bermasalah bagi anakan2 perdana. Semoga ring dan anakan perdana ini bisa menjadi tonggak awal keberhasilan dari d52 birdfarm…. Amiiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s