Harapan……

Posted on Updated on

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

2 Hari… usia yang rentan bagi piyik2 kenari ini, terkadang tidak semua telur menetas, kalaupun semua menetas, kita harus berperan aktif membantu menyuapi piyikan tersebut. Kenapa..? karena, telur yang pertama akan menetas lebih dulu, dan piyikannya pun akan tumbuh lebih besar dari telur berikutnya.

Saat proses penyuapan oleh indukan, piyik yang pertama dan lebih besar akan mendominasi perolehan makanan. Terkadang piyikan yang lebih kecil berakhir dengan kematian kalau kita tidak membantu menyuapinya atau sekedar mengamati kondisinya. Proses pengamatan kondisi yang biasa saya lakukan adalah dengan memperhatikan telih / kerongkongan / tenggorokan dari si Piyik. Apakah ada gumpalan makanan didalamnya apa tidak, bila tidak, maka saya akan ambil campuran bubur bayi dengan air dan menggunakan pipet atau alat bantu lainnya untuk menyuapi piyikan tersebut. Susah…? menurut saya tidak, karena hanya perlu konsistensi dalam waktu pemberian makannya, dan istri serta anak2 saya yang masih kecil bisa melakukannya, mengapa kita yang sebagian besar pemelihara kenari adalah kaum Adam tidak bisa..?

Hal lain yang terkadang menyebabkan piyikan mati adalah gangguan yang dirasakan oleh indukan, sehingga indukan tersebut keluar masuk sarang dan terkadang menginjak2 piyikan2 tersebut. Peran kita adalah memahami apakah indukan termasuk tipe yang cemas dan merasa terganggu atau tipe yang sudah terbiasa dengan lalulalang orang. Pengalaman saya, bila saat mengeram indukan sudah terbiasa dengan orang yang setiap hari mengurus pakan dan minumnya dan tidak merasa terganggu, maka saat anakan menetaspun dia tidak akan merasa terganggu. Suhu dingin dimalam hari juga menjadi penyebab kematian piyikan tersebut, biasanya saya tempatkan lampu 5 Watt sebagai penghangat dan penerang saat indukan mau menyuapi di malam hari.

Harapan…. piyikan2 yang berjumlah 4 ekor dari 2 indukan ini, bisa bertahan sampai dewasa, dan memiliki kecerdasan yang luar biasa, sehingga bisa menjadi Pejantan Tangguh baik dilapangan maupun saat diternakkan. Amiinnnn.. Ya Rabbal Alaminnn,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s