PAKAN YANG TEPAT SAAT INDUKAN MELOLOH

Posted on Updated on

Anakan
Anakan sehat usia 25 hari baru disapih
Beberapa waktu yang lalu, seorang teman yang sedang belajar menangkarkan Kenari, main kerumah dan berkeluh kesah. Keluhannya karena banyak anakannya yang sudah menetas kemudian mati. Bayangkan, bila dari 20 telur yang menetas, tingkat keberhasilan anakan menjadi dewasanya hanya 40% atau hanya 8 anakan. Artinya, dari tiap2 indukan yang menghasilkan 3-4 telur, hanya 1-2 ekor saja anakan yang bisa hidup dan tumbuh sampai dewasa. Keluhan lainnya adalah anakan yang 8 ekor tersebut, perkembangannya tidak sempurna. Ada yang posturnya kecil, ada yang bulunya kusam, belum lagi yang cacat dll.

Keesokan Minggunya, saya coba luangkan waktu untuk bermain ke tempat teman tersebut, dan berusaha menguak apa saja yang diterapkan Dalam rawatan kesehariannya. Dalam pola rawatan harian, kita bisa lihat, apa yang sudah sesuai dan apa hal2 yang masih kurang dan perlu ditingkatkan atau diperbaharui. Setelah menerawang dari pagi hingga siang hari, dapat disimpulkan bahwa penyebab utama rendahnya presentasi telur menetas sampai dewasa adalah “Tidak tersedianya pakan yang tepat untuk indukan di masa meloloh anakan”. Dari hasil pengamatan, induk yang sedang meloloh anakan hanya disediakan pakan biji2an, dan hanya diberikan telur puyuh 1 minggu sekali, tanpa ada makanan pendukung lainnya. Oleh karena itu, disini saya coba tulis apa yang menurut saya pakan yang tepat saat indukan mengerami telur sampai membesarkan anakannya.

Anakan
Anakan sehat usia 25 hari baru disapih
Saat mengerami telur, Induk betina hanya 3-5 kali turun dari sarangnya untuk makan dan minum, selain untuk makan, hal tersebut juga untuk mengatur tingkat kehangatan / suhu saat mengeram. Pakan yang baik pada periode ini adalah pakan yang banyak mengandung lemak seperti pakan biji2an. Hal tersebut dikarenakan kandungan lemak sangat bagus untuk menjaga kondisi indukan dari resiko kurus / nyilet serta kematian saat mengeram. Telur puyuh bisa diberikan 1 minggu sekali, karena bila berlebihan, bisa menyebabkan Over Birahi, yang mana akan menyebabkan betina justru jarang mengerami telurnya karena selalu gelisah mencari-cari pejantannya. Ada juga yang terlalu lama mengerami dan menyebabkan telur gagal menetas, itulah alesannya kenapa kita harus pintar2 memilih calon indukan, karena tidak semua betina memiliki sifat yang sama. Selain itu, bisa juga Sayur / buah diberikan setiap hari sebagai penyokong nutrisi / vitamin yang dibutuhkan pada saat mengeram.

Saat Telur menetas, biasanya baru keesokan harinya anakan tersebut akan diloloh oleh induknya, karena masih ada cadangan kuning telur di perut si anak. Sangat penting bagi kita untuk mencatat kapan telur pertama diletakkan, sehingga kita bisa tahu kapan telur pertama akan menetas. 1 hari sebelum telur menetas, Indukan musti diperkenalkan dengan “Soft Food” yang merupakan pakan yang paling tepat untuk betina meloloh anakan. Merk Pakan Soft Food yang paling terkenal di pasaran adalah CEDE, yang merupakan campuran dari tepung roti, telur, fumayin dan Niger Seed. Ada juga soft food yang memang khusus untuk Hand feeding merk Kyete, namun tidak banyak dipasaran. Kalau di Jogja, ada namanya tepung Panir, murah meriah namun bagus untuk meloloh anakan, kandungannya tepung roti, tepung kacang hijau dll. Kita juga bisa menyediakan telur puyuh setiap harinya sampai usia anakan 1-2 bulan baru pakan telur di hentikan. Telur puyuh yang disediakan setiap hari, tidak akan membuat betina menjadi gemuk, karena keseluruhan telur tersebut akan masuk ke Dalam tubuh anak2 nya. Kita perlu memperhatikan juga, apa makanan yang paling diminati indukan saat meloloh, karena ada beberapa indukan kami yang hanya mau meloloh anakannya dengan biji2an, atau hanya meloloh anakannya dengan sayur2an saja, maka kepadanya harus diperbanyak porsi apa yang dia suka. Singkat kata, bila apa yang dibutuhkan indukan / apa yang menjadi kegemaran indukan pada masa-masa meloloh tersedia dan melimpah, InsyaAllah, indukan tersebut akan menjadi Induk yang baik bagi anak-anaknya.

Kunci lain suksesnya indukan Dalam proses mengeram dan membesarkan anak-anaknya adalah ketenangan dan kenyamanan. Artinya, jangan terlalu sering memeriksa telur / anak-anaknya. Biarkan indukan tenang dan nyaman tanpa sering di ganggu, Terawang telur untuk mengetahui isi atau tidaknya di hari ke 7, dan cek telur yang tidak menetas di hari ke 15 setelah telur terakhir diletakkan. Semoga bermanfaat, dan seperti biasa, ini semua hanyalah pengalaman pribadi yang belum tentu benar dan baik bila diterapkan di tempat lain. Karena itu kami masih sangat membutuhkan masukan / saran serta kritik bila memang ada yang kurang berkenan…. Salam Kenari Mania,,,,,……

68 pemikiran pada “PAKAN YANG TEPAT SAAT INDUKAN MELOLOH

    eka berkata:
    April 15, 2013 pukul 2:25 am

    mantap makasih infonya

    Achmad bintoro berkata:
    Mei 12, 2013 pukul 3:44 am

    Mau curhat ni om?q punya 2 induk kenari &sma” ngeloloh,indu,,A.ntas 4 + induk.B.ntas 4.dr 2 indk tsb ank mti smua,padhl pkn bragam&mlimph,tlong om slusinya?

      d52 BF responded:
      Mei 13, 2013 pukul 8:36 am

      Harusnya tidak begitu om, mungkin perdana kali yah? Coba lagi siklus berikutnya

    aan berkata:
    Mei 13, 2013 pukul 8:21 am

    mantaaaap om… brarti, anak gak perlu di suapin lg ya..?

      d52 BF responded:
      Mei 13, 2013 pukul 8:37 am

      Bantu loloh hanya bagi anakan yg kalah rebutan makan om, yg paling kecil kalau saya

    frans berkata:
    Mei 14, 2013 pukul 6:03 am

    Tanya,cede ato kyete itu bentuknya serbuk?perlu ditambah air gak?klo tepung panir jg dikasih air gak?thanks infonya.

      d52 BF responded:
      Mei 14, 2013 pukul 6:21 am

      Cede, tepung panir, egg food itu pakan bubuk bagi indukan meloloh om, jd ga ditambah air, kalau kyete, nutribird 21 itu memang tuk bantu loloh anakan, jd hrs ditambah air.

        frans berkata:
        Mei 15, 2013 pukul 2:59 pm

        Thanks infonya.

    fendik berkata:
    Mei 16, 2013 pukul 4:52 pm

    infonya bagus!saya jadi lebih faham!trima kasih!

    fendik berkata:
    Mei 16, 2013 pukul 4:53 pm

    infonya bagus!trima kasih!

    Hakim berkata:
    Mei 28, 2013 pukul 5:51 am

    Trims atas infonya… Jgn bosen2 bagi pengalaman ya om….!??

    andri berkata:
    Juni 4, 2013 pukul 3:20 am

    hallo om mau tanya niih, ko indukan kenari pda saat menetas sering nginjek2 anaknya..solusinya apa tuch om,,tanks..

      Uphay berkata:
      Juni 4, 2013 pukul 3:35 am

      Coba sediakan pakan berbagai macam seperti ulasan diatas, dan satu lagi, jauhkan betina dari gangguan spt tikus,semut,kebisingan, cicak dan jantan yg guacor, biasanya betina begitu terlalu over protectif, sebaiknya jangan terlalu sering ditengokin / diliat2. Mudah2an berhasil tuk yg berikutnya..

    andri berkata:
    Juni 4, 2013 pukul 3:21 am

    jd anakan kenari pd mati semua,dah 2 kali kya bgt..

      andy lee berkata:
      November 6, 2013 pukul 5:14 am

      dijual aja gan cari yang pinter

        d52 BF responded:
        November 6, 2013 pukul 1:28 pm

        Kalo dijual.kasihan perawat yg beli berikutnya om.. Dan disitu mmg seninya ternak kenari…hehe

    Huda Nurul berkata:
    Juni 13, 2013 pukul 9:23 am

    tanya om,indukan kenari sy tdk mau meloloh anakan trs g mau ngerami telurnya lg…pdhl msh ada yg belum netas..gmn om?thx

    airmataibu berkata:
    Juni 19, 2013 pukul 3:42 am

    makasih banyak infoma, saya baru belajar ternak kenari

    kim berkata:
    Juni 24, 2013 pukul 5:15 am

    maaf, mautanya
    bagaimana cara mengetahui jenis kenari (termasuk AF, F1,F2, dll).
    mkasih

    slamet berkata:
    Juni 25, 2013 pukul 5:56 am

    MAKASIH INFONYA,,,,SEMENTARA KENARI SAYA BARU NGERAM 1 MINNGU,,MUDAH2AN NETES DAN BISA SAYA TERAPIN CARA PERAWATANYA,,,THX,,

    slamet berkata:
    Juli 2, 2013 pukul 9:07 am

    alhamdulillah hari ini telur baru menetas 1,,tapi saya bingung,,cara perawatanya,,tolong yang punya saran

      d52 BF responded:
      Juli 2, 2013 pukul 9:16 am

      Simple ajah kok om…sediakan pakan yg paling disuka oleh indukan pada saat masa meloloh..sperti telur, tepung roti, apel, sayuran, jagung, dll..semoga sukses ya

    ragil berkata:
    Juli 10, 2013 pukul 4:32 am

    Artikel yg menarik

    Mochf42 berkata:
    Agustus 10, 2013 pukul 11:49 pm

    Om dari 4 btr hanya 3 yg menetas, tapi indukan jarang meloloh anak’ya apa yg mesti saya lakukan..mksh seblum’ya

      d52 BF responded:
      Agustus 11, 2013 pukul 12:46 am

      Bantu loloh om, kuning telur campur air dan vitamin 1 tetes, dibuat encer saja. Pakai kuas kecil loloh ke anakannya om. Semoga bermanfaat

    Ririn berkata:
    September 11, 2013 pukul 1:07 pm

    Sippppp

    evan berkata:
    September 14, 2013 pukul 1:38 pm

    om, saya punya kenari betina udah 2 kali mengeram kok gak pernah menetas…. padahal udah melalu proses perkawinan dengan jantan, mohon pencerahannya apa faktor betina yg sudah tuaa atau bagaimana??? makasihh omm

      d52 BF responded:
      September 16, 2013 pukul 1:58 pm

      Coba kawinkan dgn jantan lain kalo ga ngisi jg,mungkin bermasalah betinanya

    risky berkata:
    September 23, 2013 pukul 10:02 am

    Om mau tny..kalo indukan’n g mau meloloh
    apa harus kita sndri yg lolohin….trus harus dipisahin g sama indukan’n..
    trus kalau kita yang lolohin sndr…umur brp om hrs diangkat dr indukan…
    sm 1lg om apa btul piyik lbh cepat bongsor kalau dilolohin sm kt sndr di bandingkan sm indukan’n sndr.
    thankz om

      d52 BF responded:
      September 25, 2013 pukul 2:46 pm

      Bantu loloh om…bisa sejak usia satu hari…bongsor itu tergantung genetik

    Kurniawan nasotion berkata:
    September 26, 2013 pukul 6:01 am

    infonya Mantap om. Thanks ya….salam KM

    ERWIN berkata:
    November 1, 2013 pukul 3:38 pm

    SAAT INDUKAN MENGERAM, PEJANTAN SAYA PISAH, HARI KE DUA INDUKAN DAK MAU NGERAMIN TELURNYA LG, KMUDIAN JANTAN SY CAMPUR LG BARU INDUKAN MAU NGERAM LG. APA PERLU TGGU MENETAS UTK PISAHKAN JANTANNYA.TKS

      d52 BF responded:
      November 1, 2013 pukul 3:42 pm

      Ada betina yg manja..minta ditemani saat mengeram sampai membesarkan anaknya… Kalau maunya begitu…yah ikuti saja apa maunya…..

    Ferry indah berkata:
    November 8, 2013 pukul 6:08 am

    Mantap om,,,,

    ardian sugara berkata:
    Desember 24, 2013 pukul 6:43 pm

    saya senang dan bangga dengan om yang dengan iklas memberikan ilmunya…

      d52 BF responded:
      Januari 13, 2014 pukul 5:57 pm

      Alhamdulillah kalau bermanfaat om…..

    muklas berkata:
    Januari 17, 2014 pukul 4:05 pm

    Om mau nanya, kalo lagi ngeloloh anakx umur 2 minggu, terus indukannya mbunder i sangkarnya, apakan indukanya masih mau meloloh om, mohon solusinya, makasii om

      Uphay d52 responded:
      Januari 17, 2014 pukul 4:54 pm

      Usia 14 hari betina kawin lagi, usia anakan 18 hari betina nelur pertama, usia anakan 21 hari, betina mulai fokus mengerami telurnya. Sambil mengeram, betina yg baik akan tetap meloloh anakan, sambil si anak belajar makan sendiri. Tergantung betinanya om

      muklas berkata:
      Januari 18, 2014 pukul 1:22 am

      terus kalo usia anakan 14 hari kmudian pejantanx dmasukin ke sangkar ama indukannya dan anakanx dcampur gpp om?

        Uphay berkata:
        Januari 18, 2014 pukul 1:49 am

        Yah ga papa om… Tapi sediakan sarangan baru agar anakan tidak di usir keluar sarangan…. Tapi tergantung jantannya juga, krn ada yg galak ma anakan.

    muklas berkata:
    Januari 18, 2014 pukul 2:02 am

    Oiyaa om trimakasih infox yaa om

    firman berkata:
    Januari 18, 2014 pukul 3:19 pm

    Om mau nanya nih, kenari kita baru netes di kandang gantung. Kalo dipindahin ke kandang box boleh ga ya? Terima kasih

      Uphay d52 responded:
      Januari 18, 2014 pukul 3:24 pm

      Jangan om… Takutnya betinanya stress jd ga mau ngeloloh, sebaiknya diemin ajah, ampe bisa keluar sarang baru dipindah.

    piping berkata:
    Januari 18, 2014 pukul 4:04 pm

    Numpang tanya om yg baik, boleh ga mindahin anak plus indukan yg baru netes dari kandang gantung ke box. Kalo bantu loloh, sehari berapa kali dan berapa banyak makanan yg kita lolohin. Trims

      piping berkata:
      Januari 18, 2014 pukul 4:08 pm

      Trima kasih info dan ilmunya om

      Uphay d52 responded:
      Januari 18, 2014 pukul 4:14 pm

      Jangan dipindah2 dulu… Takutnya malah bermasalah nanti. Meloloh tiap 1 jam usia 1-3 hari.. Berikutnya bisa tiap 2-4 jam… Diloloh sampai temboloknya terisi tapi tdk sampai berlebih.

    nanda berkata:
    Januari 20, 2014 pukul 2:51 am

    Om mauu nanya nih, kalo anakan baru bisa makann sendiri kira2 umur brapa hari yaa?

      Uphay d52 responded:
      Januari 21, 2014 pukul 7:17 am

      Usia 25-30 hari sudah bisa disapih belajar makan sendiri

        nanda berkata:
        Januari 22, 2014 pukul 6:25 am

        Berarti udah bisa d pisahkan dari indukanya yaa om?

        Uphay berkata:
        Januari 22, 2014 pukul 8:25 am

        Bisa dipisah, tapi sebaiknya dicoba dipisah sambil dipantau, kalau sudah benar2 kelihatan makan sendiri, dicoba 1 hari, kalau aman yah ga usah dibalikin ke induknya

    hari berkata:
    Januari 27, 2014 pukul 1:41 pm

    ? om sy pny kenari betina kok ga mau kawin pdhl dah cukup umur

      Uphay d52 responded:
      Januari 28, 2014 pukul 5:15 am

      Coba disendiriin, taruh sarangan dan bahan sarang didalamnya, tempel jantan gacor, kalau nanti betinanya sdh ngebuletin sarang, baru jantannya masukin.

    iwan berkata:
    Januari 28, 2014 pukul 4:57 am

    siang om saya mau bertanya masalah pemberian tulang sotong di masa lolohan anakan kenari…. pasalnya anakan kenari saya empat2 nya mati padahal semua pakan yg dibutuhkan tersedia …..terimakasih om

      Uphay d52 responded:
      Januari 28, 2014 pukul 5:18 am

      Tulang sotong sumber kalsium, dibutuhkan tuk pembentukan cangkang telur dan pertumbuhan tulang anakan, jadi hrs slalu tersedia. Kalau anakan mati, bisa jadi induk betinanya mmg kurang bagus meloloh anakannya, mungkin pakan yg ditawarkan kurang beragam.

    bayo daulay berkata:
    Februari 6, 2014 pukul 2:21 pm

    Artikel yg menarik dan harus di coba..
    tQ….

    iwan depok berkata:
    Maret 7, 2014 pukul 11:23 pm

    Pake bonggol pokcai juga ya om? Hehe…

    Apa kabar om Uphay?
    Baru tau saya ada situsnya d52 bf. Bener-bener mantab. Mulai dari habatusaudah sampai bonggol pokcay.
    Sukses terus ya om breeding nya, sukses juga buat PKJ di bawah keengurusan om Uphay. Saya titip om Firman Bogor ya om….hehe.
    Salam.
    Iwan Depok.

      Uphay d52 responded:
      Maret 10, 2014 pukul 10:18 am

      Halloo om Iwan, maap baru sempet balas…iya lg sibuk nguli nih. Ga usah dititip2, orang chapter bogor nanti om firman yg pegang kok… Xixiiix , temen2nya udah senior semua kok disana…tenang ajah…. Heheheh

        wanwahyoedi berkata:
        Maret 13, 2014 pukul 12:21 pm

        Kontes postur, body dan warna kapan om? Biar lebih ramai lagi dunia perkenarian indonesia. Minimal showbird seperti kemarin om.

    wanwahyoedi berkata:
    Maret 13, 2014 pukul 12:26 pm

    Kapan kontes postur, warna dan body om Uphay? Biar lebih ramai lagi dunia perkenarian Indonesia.

    tagboat berkata:
    Maret 16, 2014 pukul 3:36 pm

    tanya om, kenari sya baru bertelor 1 btr untuk keluar telor selanjutnya jaraknya jam/hari om ??

      Uphay d52 responded:
      Maret 16, 2014 pukul 3:58 pm

      Keesokan harinya sudah nelor berikutnya, perhari 1 telur biasanya…

    tagboat berkata:
    Maret 17, 2014 pukul 1:50 am

    betul om brsan terlahat udah 2 telurnya,. matursuwun pencerahannya…salam cuit cuit cerrrr Serinus Canaria…

    rahmadwidodo berkata:
    Maret 23, 2014 pukul 11:06 pm

    saya punya betina uumurnya 1,5th awalnya produksi lancar.Tapi 3bln terakhir gagal menetas setelah telurnya saya ambil induknya tidak mau pergi.sampai sekarang tetap mengeram padahal tidak ada telurnya.Kira-Kira penyebabnya apa?

      Uphay d52 responded:
      Maret 23, 2014 pukul 11:16 pm

      Mungkin trauma om… Coba umbar 1-2 mingguan. Jangan sediakan sarangan, smoga berhasil

    MR24 Bird berkata:
    Maret 25, 2014 pukul 4:35 am

    ass.mau tanya,,kenari betina saya dah buat sarang (mantap kenari buatnya), tapi, setiap mau kawin, malah jantannya yang diserang..sekarang jantannya lagi di “rumah sakit” karena matanya dipatokin oleh betina…kenapa ya, kok sampai begitu? trm kash atas jawabannya….
    kenari betina itu sudah botak kepala dan lehernya…soalnya baru beli degan teman 12 hari yang lalu….

    clingoz berkata:
    April 18, 2014 pukul 2:34 am

    om mau tanya apakah indukan yg sdang meloloh pyikan umur seminggu,boleh dicmpur pejantan ny,
    soalny paz si jantan brkicau pasti betina nyari truz,
    low dicampur ntar mslah gk om ama pyikan ny?

      Uphay d52 responded:
      April 18, 2014 pukul 2:39 am

      Sebaiknya jangan…takutnya betina birahi, kawin lagi, anakan ga keurus krn sudah nelor lg. Tunggu sampai usia anakan 20 hari lebih baik om.

    clingoz berkata:
    April 18, 2014 pukul 4:49 pm

    oke om,mkasih bnget bt masukan ny,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s